Sabtu, 10 April 2010

TIPS CARA MENGAJARKAN ANAK MENGGAMBAR DI USIA DINI

TIPS CARA MENGAJARKAN ANAK MENGGAMBAR DI USIA DINI (usia 2-5 tahun)

1. Berikan contoh-contoh gambar anak-anak dengan warna yang menarik & pola gambar yang sederhana.
Gambar anak-anak pun ada berbagai macam jenis ada yang mudah ada pula yang termasuk dalam kategori sulit. Termasuk kategori sulit karena mempunyai terlalu banyak goresan, coretan, bentuk dan campuran warna. Carilah gambar anak-anak yang sederhana, dan mempunyai corak warna yang cerah (merah, kuning, orange, pink, hijau muda) Dengan melihat pola lukisan yang sederhana anak akan lebih mudah mengikuti, begitu pula dengan warna yang cerah akan lebih menarik minat anak untuk menggambar.

2. Berikan penjelasan untuk setiap gambar
Jelaskan arti/maksud dari setiap gambar dengan penjelasan yang mudah dimengerti anak. Misalnya : gambar pohon, mengapa daunnya berwarna hijau karena kita melihat daun pada pohon biasanya berwarna hijau.

3. Mulailah Secara Bersama
Sediakan kertas untuk anda dan anak anda. Untuk tahap awal. Mulailah anda membuat coretan terlebih dulu di atas kertas, kemudian anak anda mengikuti. Jangan langsung dicela jika anak menarik coretan tidak rapi, tidak lurus dll. Karena untuk tahap belajar biarlah terlebih dahulu anak anda mengenal cara dan menyukai proses menggambar. Jika anak anda membuat coretan tidak rapi. Pujilah terlebih dahulu atas keberaniannya menarik coretan di atas kertas.

4. Kerjakan Secara Bertahap
Mulailah membuat gambar secara bertahap. Anda mulai dengan satu garis,anak anda mulai dengan satu garis. Anda mulai dengan satu garis lengkung, anak anda mulai dengan satu garis lengkung. Begitu seterusnya sampai rampung satu bentuk. Setelah rampung satu bentuk mulailah dengan memberi warna. Begitu pula dalam proses pewarnaan, anda mulai mewarna satu bagian dari gambar, sebaiknya anak anda pun mulai mewarna satu bagian dari gambar yang sama. Tetapi jangan dipaksa jika anak anda ingin terlebih dahulu mewarnai bagian dari gambar yang berbeda dengan bagian dari gambar yang sedang anda warna. Jika hal ini terjadi biarkan anak anda memilih bagian dari gambar yang mana yang terlebih dahulu ingin dia beri warna.

5. Temani Terus Anak Sampai Proses Menggambar Selesai
Pada saat menggambar teruslah ajak anak anda berbicara mengenai gambar yang sedang dibuatnya dan memujinya agar anak anda semakin bersemangat dalam menggambar. Pada saat sebuah gambar selesai apapun bentuk dan gambar yang dihasilkan oleh anak anda. Berikanlah pujian yang tulus. Hal ini penting, karena akan sangat memacunya untuk menyukai proses menggambar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar